Airboom Prime

Review Vyatta Airboom Prime

Dimulai dari AirPods dari Apple, membuat earphone true wireless stereo memang kian diminati. Mengingat karena penggunaannya tidak memakai kabel sehingga sangat fleksibel. Hingga kini sudah banyak TWS murah yang bisa diperoleh di pasaran, salah satunya ialah Airboom Prime.

Desain Enclosure Airboom Prime

Airboom prime hadir dengan enclosure dalam bentuk kapsul serta tutup hitam berwarna transparan dilengkapi logo VYATTA. Komponen ini dibuat dari material plastik ABS sehingga menghasilkan tekstur tersendiri. Tidak heran jika pemakaiannya bisa menunjang penampilan karena terlihat generic.

Pada bagian depannya, Anda akan menjumpai lampu indikator sebanyak 4 buah yang menandakan sisa baterai. Sedangkan di sisi belakang dari enclosure, terdapat 1 plug micro USB berfungsi untuk mencolokkan charger ketika diisi ulang.

Ketika tutup enclosure-nya dibuka, Anda akan menjumpai 1 buah tombol di tengah-tengah 2 lubang earpiece. Fungsinya untuk menyalakan mode pairing lebih cepat di antara 2 buah earbud-nya. Bahkan desain dari wadahnya pun sudah terlihat canggih meskipun dengan harga cukup murah di pasaran.

Desain Earpiece Airboom Prime

Berlanjut ke desain earpiece-nya, Airboom Prime mempunyai keunikan tersendiri dalam menentukan bentuknya. Sekilas siluetnya hampir seperti telur namun tidak berbentuk oval ataupun bulat persis. Namun hal tersebut membuatnya kurang presisi saat diletakkan di dalam enclosure.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan hal itu. Mengingat bahwa enclosure sudah memiliki tutup sehingga dua buah earpiece-nya dapat tersimpan rapi di dalamnya tanpa takut dapat terlepas dari wadahnya.

Dengan bentuk earpiece yang menyerupai telur, membuatnya terasa tebal saat dipasang di daun telinga. Hal ini membuat posisinya mudah jatuh atau terlepas karena tidak nyaman dan pas ketika digunakan.

Pengoperasian Dasar Airboom Prime

Dua earpiece Airboom Prime ini memiliki logo V disertai dengan lampu di atasnya sebagai indikator saat mencari perangkat pairing. Indikator tersebut akan menyala merah-biru ketika sedang dalam mode pencarian sedangkan berwarna biru saat pairing sudah berhasil.

Earpiece Airboom ini dilengkapi dengan tombol sentuh yang disertai konfigurasi pairing pada umumnya seperti klik dan tahan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan. Sedangkan klik sekali jika ingin memulai atau menghentikan musik.

Fungsi tombol tersebut sedikit berbeda dengan earphone TWS pada umumnya dimana klik dua kali ketika pengguna ingin melakukan panggilan kepada nomor yang terakhir dihubungi. Biasanya akan terdapat konfigurasi klik dua kali jika digunakan untuk menyalakan asisten virtual.

Kualitas Suara Airboom Prime

Seluruh penggunaan earphone, tentu akan dipertanyakan masalah kualitas suaranya. Untuk Airboom Prime ini mempunyai karakteristik yang rendah atau cenderung bass. Jika Anda sering mendengarkan podcast, maka perangkat ini menjadi pilihan paling tepat karena membuat vokal terdengar lebih berat.

Meskipun cocok untuk mendengarkan podcast, namun Airboom Prime tidak sesuai jika digunakan saat menyetel musik. Suara bassnya yang kuat membuat detail instrumen bisa kurang terdengar dengan maksimal. Bahkan pada segmen frekuensi high and mid kemungkinan menjadi hilang.

Jadi untuk masalah kualitas suara, Airboom Prime memang cocok digunakan ketika Anda sedang mendengarkan podcast harian atau jenis lainnya yang hanya terdiri dari vokal saja. Namun kurang maksimal jika dipakai untuk mendengarkan musik karena bisa menghilangkan detail instrumennya.

Earphone TWS atau yang biasa dikenal dengan true wireless stereo memang tidak membutuhkan kabel ketika pemakaian. Hal ini membuat penggunaannya sangat fleksibel bagi seluruh orang. Airboom Prime bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatkannya dalam harga relatif murah. Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *