Kenali Lebih Dalam Yuk Penyakit Nyeri Tumit atau Plantar Fasciitis

Karena kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting, tentu kamu harus menjaga kesehatannya. Tapi, terkadang ada saja penyakit yang tiba-tiba datang dan tentunya membuat kita tidak nyaman, seperti plantar fasciitis. Penyakit itu sebenarnya bisa dialami siapa saja, tapi buat yang sudah berumur antara 40 sampai 60 tahun, peluang mengalami kondisi itu semakin besar.

Tidak semua orang mengenal penyakit yang satu ini. Jadi, tidak ada salahnya kamu simak penjelasan di bawah ini agar kamu bisa semakin mengerti, ya.

Apa Itu Plantar Fasciitis?

Penyakit ini lebih menyerang telapak kaki atau pun tumit. Perlu kamu tahu, fascia adalah jaringan yang melapisi otot-otot yang ada di lengkungan area tumit. Tidak heran, selain telapak kaki yang terasa nyeri, tumit kaki juga ikut merasa nyeri.

Tadi sudah dikatakan kalau jenis penyakit peradangan ini bisa menyerang siapa saja, terutama yang sudah berusia 40 sampai 60 tahun. Tapi, orang-orang yang suka berolahraga, seperti atlet, juga sangat rentan mengalaminya.

Penyebab Nyeri Tumit

Plantar fasciitis yang terkadang terjadi tiba-tiba bisa disebabkan karena beberapa hal. Misalkan kalau kamu pernah mengalami cedera otot, kejang pada otot, atau kamu yang punya riwayat penyakit degeneratif, merupakan kondisi yang bisa memicu nyeri pada pergelangan kaki dan tumit.

Meski ada beberapa penyakit yang bisa memicu penyakit ini, ada kondisi juga yang memang terjadi tanpa sebab yang benar-benar jelas. Dibanding pria, kalangan wanita yang paling sering mengalaminya. Mungkin mereka yang punya berat badan yang terlalu berlebih, memakai sepatu yang terlalu keras, atau pun sepatu yang ukurannya tidak tepat.

Selain wanita, atlet-atlet yang sering berlari juga rentan mengalami nyeri pada tumitnya. Umumnya, kaki mereka lebih memiliki kelengkungan yang tinggi atau pun otot pada bagian betis yang lebih pendek, tidak heran kalau mereka juga punya resiko yang lebih besar buat mengalaminya.

Diagnosis yang Biasa Dilakukan

Buat menentukan apakah kamu benar-benar punya penyakit plantar fasciitis, tentunya dokter akan memeriksamu terlebih dahulu dengan melakukan berbagai wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Dokter akan menanyakan gejala-gejala apa yang kamu rasakan, setelah itu baru dilakukan pemeriksaan fisik pada kaki yang bermasalah dengan memakai sinar X dan MRI.

Gejala-gejala Plantar Fasciitis

Ada beberapa gejala yang perlu kamu waspadai yang menandakan kamu mulai mengalami plantar fasciitis. Gejala utama yang pastinya dirasakan penderita yaitu nyeri hebat di bagian telapak kaki sampai area tumit. Kalau kamu buat berdiri atau bahkan berjalan, rasa nyerinya akan lebih terasa seperti tertusuk pisau.

Pastinya tidak akan nyaman kalau kaki mengalami penyakit plantar fasciitis. Segala kegiatanmu tidak akan berjalan lancar karena kamu harus menahan rasa sakitnya. Maka itu, coba kamu biasakan hidup sehat dengan menjaga berat badan dan melakukan olahraga yang tidak terlalu berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *